Capping Day AKBID YAPPI Sragen

Apa itu Capping Day ? Bagi orang awam itu pasti menjadi sebuah pertanyaan besar akan tetapi bagi orang kesehatan itu hal yang lumrah. CAPPING DAY adalah  Hari Penyematan Cap sebagai simbol bahwa para mahasiswi prodi DIII Kebidanan maupun DIII Keperawatan telah siap untuk mengabdikan diri pada dunia kesehatan dan merupakan awal bagi mereka untuk memperoleh pengalaman lapangan untuk di tugaskan di Rumah sakit, klinik, puskesmas, panti- panti seperti panti jompo, dll.

Sejarah Capping Day bermula dari sejarah dunia keperawatan. Mengapa perawat menggunakan kap ?, apa fungsinya ?, kenapa hanya perawat perempuan yang menggunakannya ?, apa hubungannya dengan pekerjaan mereka sebagai perawat ?

Kap Keperawatan

Apa itu kap keperawatan?

Kap keperawatan adalah bagian dari seragam perawat, sudah dipakai sejak awal mula profesi perawat. Bagi mahasiswa keperawatan, kap dipasang sebelum mereka memulai praktik klinik dirumah sakit.

Mengapa perawat menggunakan kap ?

Awal mula penggunaan kap oleh perawat masih belum jelas. Banyak penjelasan dari asal mula kap, kemungkinan pertama kali digunakan ketika profesi keperawatan sangat dipengaruhi oleh agama, yang mana suster-suster biarawati semuanya menggunakan penutup kepala. Beberapa pendapat lain menyatakan bahwa ketika masa Florence Nightingale hidup, semua perempuan menggunakan penutup kepala. Dugaan terakhir adalah, kap pada awalnya didesain untuk mengontrol rambut panjang perempuan, (pada akhir abad ke-19, perempuan tidak diizinkan berambut pendek). Saat ini peran perawat mulai berubah dan kemajuan teknologi sangat mempengaruhi lingkungan kerja di rumah sakit, kap menjadi tidak relevan lagi dengan pekerjaan perawat dan mulai banyak rumah sakit yang tidak menyertakan kap sebagai bagian dari seragam perawat.

Pin Keperawatan

Apa itu pin keperawatan?

Pin keperawatan adalah semacam lencana, biasanya terbuat dari besi, berwarna emas, perak atau hitam. Pin keperawatan dipakai oleh perawat sebagai tanda dari institusi mana mereka menempuh pendidikan. Untuk mahasiswa, pin akan diberikan pada saat capping day, yang secara simbolis menyambut kedatangan mereka didalam profesi keperawatan.

Mengapa pin keperawatan dipakai oleh hampir seluruh perawat didunia?

Itu karena kaum kesatria hospitaller juga menggunakannya. Kesatria hospitaller atau ksatria dari kepulauan Malta, Italia, adalah pionir dan penggagas perawatan penyakit serta kontributor yang meletakkan dasar dari standar rumah sakit, para kesatria ini menggunakan lencana berupa simbol Maltese Cross.

Dari tradisi tersebut, perguruan tinggi kesehatan (tidak hanya keperawatan) mengadakan acara ucap janji dan penyematan lencana sebagai simbol bahwa mereka siap praktek lapangan.